Pengertian Menulis
Kata menulis
mempunyai dua arti. Pertama, menulis berarti mengubah bunyi yang dapat didengar
menjadi tanda-tanda yang dapat dilihat. Kedua, kata menulis mempunyai arti
kegiatan mengungkapkan gagasan secara tertulis (Wiyanto, 2006:1).
Menulis
merupakan keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara
tidak langsung tidak secara tatap muka dengan orang lain. Keterampilan ini
tidak akan datang secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan praktik
yang banyak dan teratur (Tarigan, 2008:3-4).
Tujuan Menulis
Tarigan
(2008:25) Merangkumkan tujuan penulisan suatu tulisan, sebagai berikut:
- Assignment purpose (Tujuan Penugasan) Tujuan penugasan ini sebenarnya tidak mempunyai tujuan sama sekali. Penulis menulis sesuatu karena ditugaskan, bukan atas kemauan sendiri.
- Altuistic purpose (Tujuan alturistik)Penulis bertujuan untuk menyenangkan para pembaca, menghindarkan kedukaan para pembaca, ingin menolong para pembaca memahami, meng hargai perasaan, dan penalarnnya, ingin membuat hidup para pembaca lebih mudah dan lenih menyenangkan dengan karya itu.
- Pursuasive purpose (Tujuan persuasif) Tulisan yang bertujuan menyakinkan para pembaca akan kebenaran gagasan yang diutarakan
- Informational purpose (Tujuan Informasional, Tujuan penerangan) Tulisan yang bertujuan memberi informasi atau keterangan/penerangan kepada pembaca.
- Self-ekspressive (Tujuan Pernyataan Diri) Tulisan yang bertujuan memperkenalkan atau menyatakan diri sang pengarang kepada para pembaca
- Creative purpose (Tujuan Kreatif) Tujuan ini erat berhubungan dengan tujuan pernyataan diri. Tulisan yang bertujuan mencapai nilai-nilai artistik, nilai-nilai kesenian
- Problem-solving purpose (Tujuan Pemecahan Masalah) Tulisana ini bertujuan ingin memecahkan masalah yang dihadapi. Penulis meneliti secara cermat pikiran-pikiran dan gagasannya sendiri agar dapat dimengerti dan diterima oleh para pembaca.
Program-program
dalam bahasa tulis direncanakan untuk mencapai tujuan-tujuan berikut:
- Membantu para siswa memahami bagaimana caranya ekspresi tulis dan dapat melayani mereka, dengan jalan menciptakan situasi-situasi di dalam kelas yang jelas memerlukan karya tulis dan kegiatan menulis.
- Mendorong para siswa mengekspresikan diri mereka secara bebas dalam tulisan
- Mengajarkan para siswa menggunakan bentuk yang tepat dan serasi dalam ekpresi tulis.
- Mengembangkan pertumbuhan bertahap dalam menulis dengan cara membantu para siswa menulis sejumlah maksud dengan sejumlah cara dengan penuh keyakinan pada diri sendiri secara bebas (Tarigan, 2008:9).
إرسال تعليق