Proses belajar-mengajar dapat dikatakan
efektif dan bermakna apabila terjadi interaksi antara guru dan siswa. Oleh
karena itu, guru hendaknya dapat menciptakan pola pembelajaran yang aktif dan
kreatif, sehingga siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran tersebut.
Ada beberapa hal yang harus guru
persiapkan untuk mendukung proses pembelajaran di antaranya, memilih teknik
atau metode, model atau media pembelajaran yang tepat agar siswa tertarik dan
antusias mengikuti pembelajaran. Demikian juga dalam kegiatan menulis berita,
guru harus jeli memilih model atau media pembelajaran yang tepat, sehingga siswa
antusias dalam belajar. Dengan ditrapkannya media puzzle melalui
pembelajaran kooperatif, siswa diharapkan lebih mudah dalam mengungkapkan ide
atau gagasannya. make
Dalam penelitian ini, penulis
memilih media puzzle dan pembelajaran kooperatif untuk mendukung proses
pembelajaran menulis berita. Dengan digunakannya media puzzle dalam
menulis berita diharapkan agar siswa lebih mudah dalam menemukan ide atau
gagasan. Sedangkan, pembelajaran kooperatif digunakan agar siswa dapat bekerja
sama dengan anggota kelompok untuk menyusun puzzle yang kemudian
digunakan untuk menulis berita. Selain itu, fungsi pembelajaran kooperatif
adalah agar antarnggota dapat saling membantu apabila salah satu anggota
menemui kesulitan dalam menulis berita.
Langkah yang dilakukan penulis dalam
pembelajaran menulis berita dengan media puzzle melalui pembelajaran
kooperatif yaitu (1) guru terlebih dahulu mengucapkan salam dan menanyakan
kondisi siswa; (2) guru kemudian mengkondisikan siswa untuk mengikuti
pembelajaran; (3) guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari
beserta tujuan pembelajaran pada hari itu; (4) guru bertanya jawab dengan siswa
tentang menulis berita; (5) guru menunjukkan beberapa contoh berita, kemudian
siswa diminta untuk menganalisisnya; (6) siswa memberikan pendapatnya mengenai
berita; (7) setelah itu, guru menjelaskan mengenai berita yang meliputi
pengertian berita, unsur berita, jenis-jenis berita, syarat penulisa berita dan
struktur berita; (8) setelah siswa paham, guru mengelompokkan siswa yang
masing-masing kelompok terdiri atas 4 sampai 5 orang untuk kegiatan menyusun puzzle;
(9) sebelum dimulai guru terlebih dahulu menjelaskan aturan permainan yakni
bagi kelompok yang dapat menyusun dengan cepat dan tepat akan mendapat hadiah;
(10) setelah guru memberi aba-aba, masing-masing kelompok berlomba-lomba
menyusun puzzle; (11) setelah itu, guru memberikan tugas kepada siswa
untuk menulis berita sesuai dengan gambar yang ada pada puzzle; (12)
guru meminta perwakilan siswa untuk membacakan hasil pekerjaannyan di depan
kelas; (13) siswa beserta guru mengoreksi hasil pekerjaan yang telah dibacakan
oleh temannya; (14) guru meminta siswa untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya di
meja guru; (15) guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
pada pertemuan itu.
Post a Comment