Proses belajar-mengajar dapat dikatakan efektif dan bermakna apabila terjadi interaksi antara guru dan siswa. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat menciptakan pola pembelajaran yang aktif dan kreatif, sehingga siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran tersebut.
Ada beberapa hal yang harus guru persiapkan untuk mendukung proses pembelajaran di antaranya, memilih teknik atau metode, model atau media pembelajaran yang tepat agar siswa tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Demikian juga dalam kegiatan menulis berita, guru harus jeli memilih  model atau  media pembelajaran yang tepat, sehingga siswa antusias dalam belajar. Dengan ditrapkannya media puzzle melalui pembelajaran kooperatif, siswa diharapkan lebih mudah dalam mengungkapkan ide atau gagasannya. make
Dalam penelitian ini, penulis memilih media puzzle dan pembelajaran kooperatif untuk mendukung proses pembelajaran menulis berita. Dengan digunakannya media puzzle dalam menulis berita diharapkan agar siswa lebih mudah dalam menemukan ide atau gagasan. Sedangkan, pembelajaran kooperatif digunakan agar siswa dapat bekerja sama dengan anggota kelompok untuk menyusun puzzle yang kemudian digunakan untuk menulis berita. Selain itu, fungsi pembelajaran kooperatif adalah agar antarnggota dapat saling membantu apabila salah satu anggota menemui kesulitan dalam menulis berita.
 Langkah yang dilakukan penulis dalam pembelajaran menulis berita dengan media puzzle melalui pembelajaran kooperatif yaitu (1) guru terlebih dahulu mengucapkan salam dan menanyakan kondisi siswa; (2) guru kemudian mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran; (3) guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran pada hari itu; (4) guru bertanya jawab dengan siswa tentang menulis berita; (5) guru menunjukkan beberapa contoh berita, kemudian siswa diminta untuk menganalisisnya; (6) siswa memberikan pendapatnya mengenai berita; (7) setelah itu, guru menjelaskan mengenai berita yang meliputi pengertian berita, unsur berita, jenis-jenis berita, syarat penulisa berita dan struktur berita; (8) setelah siswa paham, guru mengelompokkan siswa yang masing-masing kelompok terdiri atas 4 sampai 5 orang untuk kegiatan menyusun puzzle; (9) sebelum dimulai guru terlebih dahulu menjelaskan aturan permainan yakni bagi kelompok yang dapat menyusun dengan cepat dan tepat akan mendapat hadiah; (10) setelah guru memberi aba-aba, masing-masing kelompok berlomba-lomba menyusun puzzle; (11) setelah itu, guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis berita sesuai dengan gambar yang ada pada puzzle; (12) guru meminta perwakilan siswa untuk membacakan hasil pekerjaannyan di depan kelas; (13) siswa beserta guru mengoreksi hasil pekerjaan yang telah dibacakan oleh temannya; (14) guru meminta siswa untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya di meja guru; (15) guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan itu.

Post a Comment

Selamat Datang di Satu Djiwa Blog, Semoga Apa yang Ada di Blog Sederhana ini Bermanfaat Bagi Para Pengunjung